Sabtu, 02 Agustus 2014

AKSI PASOEPATI ZONA SANGAR FOR GAZA



Tawangmangu (23/07), Cuaca cerah nan menawan menghiasi langit Tawangmangu hari itu. Aktivitas di Pasar Wisata Tawangmangu pun tak jauh beda dengan hari-hari sebelumnya. Pasar yang menambah icon wisata kota Tawangmangu setelah Air Terjun Grojokan Sewu, Bumi Perkemahan Sekipan, dan Objek-objek wisata lainnya sebagai kota wisata yang berada di kaki Gunung Lawu. Pasar Wisata Tawangmangu memang memiliki daya tarik bagi pelancong-pelancong maupun bagi penduduk lokal karena memang di tempat ini berbagai kebutuhan tersedia. Sehingga wajar di tepi jalan dan atap pertokoan terpasang tulisan-tulisan saling bersaing menawarkan produk barang dan jasanya. Diantara tulisan-tulisan yang ada di jembatan penghubung Terminal dengan Pasar ada sebuah spanduk yang berbeda, Bukan Spanduk Iklan, Ucapan Selamat Idul Fitri ataupun Selamat berpuasa, bahkan bukan pula spanduk kampaye Calon presiden. Tapi Spanduk yang berisikan sebuah ajakan untuk mendoakan saudara-saudara kita di Gaza, Palestina yang sedang di Dzalimi Israel.

Permasalahan di Gaza akibat agresi militer Israel sudah puluhan tahun berlangsung. Sudah puluhan ribu nyawa menjadi korban kebiadaban bangsa yahudi itu. Sehingga banyak orang-orang dari negara lain terutama negara yang mayoritas berpenduduk Islam melakukan protes atas agresi militer itu. Termasuk Indonesia yang notabenenya negara berpenduduk Islam terbesar di Dunia. Banyak kegiatan-kegiatan yang dilakukan untuk mengecam agresi militer Israel maupun membantu rakyat Palestina. Dari Aksi turun Jalan, menghimpun Dana, Aksi Freze Mob, Konser Kemanusian hingga menjadi relawan yang pergi ke Gaza. Kalau itu dilakukan oleh lembaga-lembaga kemanusian seperti KNRP, ACT dan sebagainya ataupun dilakukan oleh aktivis-aktivis dakwah baik kampus, sekolah maupun masyarakat umum itu mungkin sudah biasa. Namun ada yang unik sebuah Spanduk bertuliskan "Pasopati Zona Sangar Pray For Gaza" lengkap dengan bendera Indonesia dan Palestine menyapa dan mengajak mendoakan rakyat Palestine pada setiap pengedara maupun pejalan kaki yang  lewat jalan depan Pasar Wisata Tawangmangu. Uniknya, ajakan itu berasal dari Pasoepati Zona Sangar Supporter Tim sepak bola PERSIS Solo yang berasal dari Tawangmangu.

Itu Aksi mereka bagaimana aksi kita untuk saudara kita di Gaza sana. Ya setidaknya hadirkan mereka disela-sela rangkaian doa setelah Sholad kita.

0 komentar:

Posting Komentar