Senin, 15 September 2014

Cara buat proposal Sponsorship unik

Bismillahirrahmanirakhim,.
Apa yang terlintas dipikiranmu ketika mendengar 2 kata "Proposal" dan "Sponsorship". Kalau dengar "Proposal" mungkin yang terlintas dipikiran adalah kumpulan kertas yang berisikan gambaran suatu agenda yang akan dilaksanakan. Kalau "Sponsorship" yang terlintas adalah sponsor, kerjasama dengan perusahaan/instansi untuk mendukung finansial agenda yang akan dilaksanakan. Nah, kalau Proposal Sponsorship sendiri artinya adalah alat/media yang digunakan untuk menggali sponsor dari manapun, entah lembaga, instansi, perusahaan dan sebagainya.

Dalam blog'nya, mas RidwansyahYusuf Achmad mengibaratkan semisal kita sebagai CEO atau Direktur Pemasaran di suatu perusahaan. Dimana kita berkerja ditempat yang nyaman dengan kursi yang empuk. Kemudian didepan terdapat meja yang atasnya ada tumpukan proposal pengajuan kerjasama yang perlu kita pelajari dan ambil keputusan segera. Dalam Kondisi ini kira-kira proposal seperti apa yang akan kita ambil dari puluhan proposal yang ada ? “proposal yang menarik”, “proposal yang unik”, dan “proposal yang tipis” itu pasti jawabannya. Jadi pada intinya proposal yang tidak Mainstream menjadi salah satu senjata jitu untuk meraih Sponsor. Berikut ada contoh Proposal Sponsorship yang saya buat,
    Cover Belakang                           Cover Depan    
         

Isi Proposal

Lalu apa aja yang kudu ada di Proposal Sponsorship, menurut saya hal-hal yang perlu ada di dalam Proposal Sponsorship yakni :

1. Front Cover
Front Cover atau Halaman judul berfungsi sebagai pemberi gambaran secara umum mengenai agenda kita. Front Cover didesain semenarik dan seunik mungkin agar mampu menarik hati pembaca pada pandangan pertama. Front Cover  juga kudu memuat minimal Nama Acara dan Lembaga/organisasi pengusung acara tersebut. Dan yang paling penting jangan terlalu banyak tulisan di Front Cover.


2. Isi
Muqodimah/Pembukaan
Muqodimah/Pembukaan fungsinya sebagai kata-kata pengantar yang biasanya berisi latar belakang diselenggarakannya acara tersebut. Muqodimah/Pembukaan tidak perlu panjang-panjang cukup 2 paragrap dengan paragraf pertama berisikan ucapan syukur kepada Allah dan paragraf kedua berisikan latar belakang acara tersebut dilaksanakan. 


- Tujuan
Setiap acara tentunya mempunyai tujuan yang ingin dicapai. Nah, tujuan itu juga perlu dicatumkan dan buat tujuan yang tidak biasa.


- Target
Kita buat acara pasti juga pengen acara kita rame banyak yang datang. Tuliskan target maksimal untuk meyakinkan calon Sponsor bahwa acara kita gede. Jangan lupa juga selain mencantumkan target sekian juga mencantumkan asalnya misal 1000 Mahasiswa dari Universitas se-Indonesia.


- Waktu & Tempat
Cantumkan kapan dan mau dimana acara kita dilaksanakan.

- Agenda dan Susunan Acara
nah,. Kalau acara kita terdiri dari serangkaian acara dan tidak cukup terlaksana satu hari kita tidak perlu mencantumkan susunan acara tiap sub acaranya cukup dengan garis besarnya saja. Tapi kalau agenda kita hanya sehari dan satu acara saja misal Seminar Islam & Sains lebih baik diberikan susunan acaranya.



- Kepanitiaan
Pencantuman kepanitiaan penting juga, fungsinya sebagai bentuk informasi siapa penanggungjawab acara yang akan dilaksanakan dan ketika dalam acara itu banyak panitia tidak perlu dicantumkan semua karena akan memakan banyak tempat cukup ketua, sekretaris, bendahara, dan koordinator tiap sie-nya.


- Anggaran
Dalam anggaran pun tidak perlu dirinci, cukup garis besarnya saja. Tapi ketika acara kita ada fasilitas Pin atau sertifikat maka perlu dicantumkan kedua itu gunanya untuk mengajukan Sponsor di percetakan.

Sponsorship
Nah, dalam poin ini ada beberapa hal yang kudu ada misal paket Sponsor maksudnya calon Sponsor dapat memberikan bantuan berupa apa aja. Kemudian perlu dicantumkan pula Timbal Balik keuntungan bagi Perusahaan/Lembaga/Instansi yang memberikan Sponsor. Lalu MOU (Memorandum Of Understamding) berupa perjanjian kesepakatan bersama antara panitia dan pihak Sponsor.


- Penutup
Berisikan ucapan terima kasih dan doa kepada pihan Sponsor.

3. Back Cover
Back Cover juga perlu. Adapun yang perlu ada dalam Back Cover yakni Contac Person, Alamat lembaga/Organisasi pengusung acara tersebut, Kalau acara agama Islam mungkin Dalil-dalil.

Jadi pada intinya, Proposal Sponsorship dibuat desain semenarik mungkin dengan font yang tidak biasa dan berikan sentuhan-sentuhan seni disetiap poinnya. Perlu diketahui pula dalam Proposal Sponsorship  tidak ada aturan formal jadi kita bebas membuat Proposal Sponsorship dengan kemasan apapun. Dalam pengemasan pun juga perlu diperhatikan agar menjadi senjata ampuh menarik hati Sponsor. Mengutip dari blog'nya mas RidwansyahYusuf Achmad, pengemasan Proposal Sponsorship dapat berupa :


- Dikemas dalam kertas glossy dan tidak lebih dari 8 halaman. Proposal dibuat sedikit lebar agar ukurannya tidak seperti kertas pada umumnya. Warna dibuat dengan biru cerah yang menarik perhatian.

- Dikemas dalam sebuah CD yang di programkan dengan software macromedia flashTM. Ini menimbulkan kesan high-tech dan ramah lingkungan karena tidak menggunakan kertas. Dengan CD anda bisa mengemas isi tampilan lebih advancekarena akan ditampilkan di komputer, isi proposal juga bisa lebih banyak. Tambahkan profil lembaga untuk meyakinkan pihak perusahaan.

- Gulungan kain seperti pengumuman kerajaan masa lalu atau jurus rahasia kungfu. Sebuah gulungan kain yang diikat dengan pita yang sangat cantik. Isi proposal hanya pada sebuah kain atau kertas daur ulang yang sepanjang 40 – 50 cm saja. ini sangat membuat seseorang tertarik karena tampilan yang tidak biasa, yakni seperti tabung lonjong. Sangat jauh berbeda dari proposal yang pada umumnya.

- Proposal berisikan kertas yang tidak dibukukan, beberapa lembar kertas dimasukkan dalam sebuah kotak yang sangat estetis, kertas hanya berukuran A5 dan untuk membacanya seperti bermain kartu, dimana kita akan membacanya dengan mengambil kertas satu persatu.

- Proposal sederhana dengan bentuk bulat, kertas dipotong sehingga menjadi lingkaran, dan dikemas dengan baik. Halaman depan dibuat pop up sehingga menjadi daya tarik tersendiri bagi proposal tersebut.

Demikian Selamat bekerja, Semoga Sukses dan Semoga bermanfaat ^_^

12 komentar:

  1. kak mau tanya dong :D
    kalo bikin proposal ky gt , mudahnya pake apps apa ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. ada beberapa aplikasi. . bisa pakai adobe illustrator, corel draw dan adobe photoshop. . .

      Hapus
  2. Simple dan Keren. :D ini baru refrensi yang brilian

    BalasHapus
  3. Hebat dan bagus bisa dipake untuk sekolah ane

    BalasHapus
  4. Hebat dan bagus bisa dipake untuk sekolah ane

    BalasHapus
  5. Cara buatnya di aplikasi apa ya?

    BalasHapus
  6. Cara buatnya di aplikasi apa ya?

    BalasHapus
  7. minta izin yaa kak ., saya mau buat

    BalasHapus
  8. mantap ni bg idenya, btw ukuran kertasnya berapa ya bg?

    BalasHapus