Sabtu, 12 April 2014

Indahnya JN UKMI UNS 2013

JN UKMI UNS sebuah lembaga dakwah kampus yang tidak sekedar mewarnai UNS dengan nuansa Islam tetapi juga mengikat para pengurusnya dalam lingkaran ukhuwah yang erat. Ini tahun kedua saya di lembaga ini, setelah sebelumnya menjadi jundi sekarang diberi amanah sebagai qiyadah. Periode 2013 merupakan sebuah perjalanan yang menurut saya sangat amazing terlihat dari berbagai agenda yang sukses dilaksanakan, SDM yang Inovatif, Kreatif dan Profesional serta yang paling berkesan ikatan ukhuwah antar pengurus yang sangat erat. Ya memang diluar terlihat tidak akur, saling ejek, saling adu argumen tapi disisi lain hal-hal tersebut yang membuat balutan ukhuwah ini begitu erat. Ukhuwah yang tak mengenal senior atau junior, Ukhuwah yang mempersatukan dari berbagai fakultas yang berbeda dan ukhuwah yang melahirkan kata-kata unik seperti Yuu..Huuu.., Marmos, Gajul, Bubu dan lain-lain.

Terasa begitu indah satu periode kepengurusan JN UKMI UNS 2013 ini, periode yang bagi saya tidak sekedar memahamkan arti dakwah tetapi juga memberikan begitu banyak pembelajaran, pengetahuan dan rasa kekeluargaan. Pahit, Manis, Senyum, Tawa, Canda, Tangis dan Haru senantiasa mewarnai perjalanan dakwah di periode ini. Perjalanan yang terjal dan penuh bebatuan. Perjalanan yang membutuhkan perjuangan dan pengorbanan. Namun, Semua terasa ringan ketika banyak yang hadir ditengah-tengahnya dan memberi warna dalam setiap lembaran episode  perjuangan dakwah ini. Kemudian bersama menguntai episode-episode tersebut menjadi sebuah Album perjalanan dakwah JN UKMI UNS 2013.

Di lembaga ini saya tergabung dalam squad Bidang Kesekretariatan dan Keuangan (BKK) yang mengusung jargon Accountable Professional. Bidang yang menurut saya paling keren. Kalau orang-orang bilang, bidang ini bidang termarmos dan sebutan marmos pun tidak hanya kepada bidangnya tapi juga kepada personil yang ada dalam bidang ini. Orang lain akan memandang bidang ini biasa-biasa aja namun akan beda rasanya ketika kita berada didalamnya. Saya, mas List, akh Arif, Ukh Fathonah dan Insya Alloh mbak Rina dan Ukh Salma merupakan tim pimpinan yang kompak terbukti dengan kita berhasil menjadikan JN UKMI UNS sebagai lembaga yang profesional dari segi administrasi dan dari segi keuangan, kita mampu mengoptimalkan pencairan dana universitas serta mampu merintis JN UKMI Coorperation. Semua itu tidaklah instan langsung jadi tetapi butuh yang namanya kerja keras. Pada dasarnya ranah kerja kesekretariatan maupun keuangan membutuhkan orang-orang yang sabar, telaten, pinter ngeloby, pekerja keras, dan inovatif.

Ada hal yang paling berkesan di BKK yakni kita silaturahmi internal sebanyak 7 kali di hampir semua kota di Solo raya dan beberapa kota di Jawa timur mulai dari Kartosuro, Klaten, Sukoharjo, Karanganyar, Wonogiri, Sragen, Ngawi, Magetan dan ponorogo sudah kita kunjungi. Rasanya sulit sekali mengakhiri periode yang begitu indah ini. Butiran-butiran air mata seakan ingin menetes ketika menggali memori-memori indah di periode ini. Dan kini takdir membawa kita pada perpisahan. Amanah baru dan lebih tinggi sudah menanti kita. Menjadi kebanggaan bagi saya pribadi ketika bisa melihat adek-adek saya menjadi orang-orang yang luar biasa. Pesan saya untuk kalian adek-adeku jadilah insan yang amanah terhadap setiap amanah yang engkau emban.

Terakhir saya ucapkan terima kasih banyak kepada mas Hasan yang telah menjadi teladan, inspirator dan menghadirkan nuansa yang sangat indah. Mas Listiawan yang senantiasa mengajari, membina dan memberikan solusi untuk saya. Mbak Rina yang tak pernah bosan memberi nasihat dan pengingatan atas kenakalan saya. Ukh Salma, Dedy, Ardian, dek Nur,  Ibnu, dek Arni, dek Rita, ukh Soffi, dek Diah, dek Qonita dan mbak Prima terima kasih telah menemani selama satu periode dan membantu dalam merealisasikan mimpi-mimpi dari adanya DKL. Tak lupa pula kepada keluarga satu bidang dan seluruh pengurus JN UKMI UNS 2013 terima kasih telah memberi warna indah dalam perjalanan hidup saya.
JN UKMI UNS 2013 bener-bener Amazing J

0 komentar:

Posting Komentar