Jumat, 24 Mei 2013

Etika Pergaulan

“Hai manusia, sesungguhnya Kami menciptakan kamu dari seorang laki-laki dan seorang perempuan dan menjadikan kamu berbangsa - bangsa dan bersuku-suku supaya kamu saling kenal-mengenal. Sesungguhnya orang yang paling mulia diantara kamu disisi Allah ialah orang yang paling taqwa diantara kamu.Sesungguhnya Allah Maha Mengetahui lagi Maha Mengenal” (QS. Al Hujurat:13)

Kawan,.Ayat itu menjelaskn bahwa kita sebagai manusia membutuhkan pngenalan antar sesama ato dengan kata lain BERGAUL,. Islam mmberikan tuntunan kepada kita manusia dalam pergaulan itu ddsarkan atas moral/ budi pkerti bukan atas dasar kemulian status sosial ato pun materi jadi cari teman itu ndak boleh karena ia kaya ato pun karena status sosialnya tinggi misalnya anak lurah, anak bupati dsb.

Klow kita tetep menjadikan materi/status sosial menjadi tolok ukur dalam bergaul kita tidak akan menemukan seorang sahabat yang mengingatkan pada pencipta kita, yang selalu ada saat kita suka dan duka, yang selalu ada saat kita butuhkannya, sosok sahabat yangg selalu menasehati kita walau kadang kita tak mnghiraukannya, dan sosok sahabat yang bisa menjadi sobat surga kita.

 Lalu gimana baiknya,.??
  Nah,. Carilah seorang sahabat yang baik ahlaqnya,aqidahnya dan tentunya setia kawan dan tidak memandang materi serta memiliki motivasi untuk maju dan berprestasi. itulah sosok sahabat yang bisa menjadi sahabat surga kita di dunia maupun di akhirat.

Lalu gimana etika/cara bergaul menurut islam,.???

Tentunya akhlaqul karima(akhlaq yang baik) terhadap siapa saja menjadi dasar kita dalam bergaul dan selain itu ada hal-hal yang perlu diperhatikan dalam bergaul lhow,..apa saja itu??

1. Saling mnghormati satu sama lain
  Jadi yen ngomong sama kawan gunakan bahasa yg baik, sopan terhadap siapa jangan sampai omongan kita, lidah kita mengiris hati temen kita,. Kalau kita tak ingin disakiti maka jangan menyakiti. Dan jaga privasi/rahasia maupun  aib saudara/kawan kita, jangan malah menyebarknnya atau menggosipkannya, Selain itu juga kita tidak boleh mengucilkan dan berprasangka buruk dan ini yang sering terjadi memanggil dengan panggilan yang buruk boleh jadi ketika kita mengolok-olok mereka justru kitanya yang lebih buruk.

“Hai orang-orang yang beriman, janganlah suatu kaum mngolok-olok kaum yg lain, boleh jadi yang diolok-olk itu lebih baik dari mereka(yg mngolok-olok).....”(QS.Al hujurat:11)

Dalam bergaul, islam juga menganjurkan memaafkan atas perbuatan salah saudara/temen kita,. Dan juga yang paling penting bagi kita sebagai anak muda sob,. Yaitu MENJAGA PANDANGAN,PERHIASAN dan KEHORMATAN kita terutama terhadap lawan jenis,
.
”Katakanlah kepada orang laki-laki yang beriman: "Hendaklah mereka menahan pandanganya, dan memelihara kemaluannya; yang demikian itu adalah lebih suci bagi mereka, sesungguhnya Allah Maha Mengetahui apa yang mereka perbuat."(annur 30)

“Katakanlah kepada wanita yang beriman: "Hendaklah mereka menahan pandangannya, dan kemaluannya, dan janganlah mereka menampakkan perhiasannya, kecuali yang (biasa) nampak dari padanya. Dan hendaklah mereka menutupkan kain kudung kedadanya.........(annur:31)”

Dalam bergaul kita juga memperhtikan penampilan kita jangan acak-acakan, sebagai pemuda islam kita harus berpnampilan rapi, enak dilihat dan yang pasti sopan dan sesuai syari’at.

2. Saling menasehati dalam kebenaran dan bekerjasama dalam kebaikan
“...............nasehat menasehati supaya mentaati kebenaran dan nasehat menasehati supaya menetapi kesabaran”(QS.alasr:3)

3. Pilihlah teman bergaul dari kalangan orang-orang beriman, berilmu dan beramal sholeh dan jangan pilih etman dari orang yang bodoh,fasiq dan bengal tapi kalau kita berusaha untuk mempengaruhi mereka yang bodoh, bengal itu ke arah lebih baik dan kita punya tameng yang kuat untuk menahan pengaruh mereka insya Alloh itu lbih baik,.

Demikian semoga bermanfaat,.aamiin.(^_^)

0 komentar:

Posting Komentar